.
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 20 Juni 2016

Contoh Usaha Agrobisnis Rumahan Modal Kecil di Lahan Sempit


Beragam Contoh Usaha Agrobisnis di Lahan Sempit Sekitar Rumah

Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa usaha agrobisnis baru akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar hanya bila bisnis bidang pertanian ini dilakukan dalam skala besar besaran saja.

Walhasil dengan hanya lahan sempit yang tersedia, kita jadi enggan untuk memanfaatkannya sehingga peluang untuk menghasilkan tambahan pendapatan dari usaha agrobisnis pada lahan sempit tersebut menjadi terlewatkan begitu saja.

Usaha budidaya tanaman termasuk yang admin rekomendasikan untuk sobat pembaca di wilayah perkotaan atau yang tinggal di pedesaan namun dengan ketersediaan lahan yang minim.

Usaha Agrobisnis Pertaian di lahan sempit sangat cocok untuk dijadikan usaha sampingan alias pekerjaan parttime bagi sobat yang berprofesi sebagai pegawai, mahasiswa atau karyawan swasta.

Dengan memandangi dedaunan nan hijau serta menghirup oksigen fresh dari tanaman tentunya bisnis ini bisa digunakan sebagai kegiatan refreshing bagi anda yang telah penat dan letih karena seharian bekerja dan belajar. Dan selain itu usaha sampingan budidaya tanaman di lahan sempit ternyata cukup bisa menghasilkan uang tambahan yang lumayab besar loh sobat.. tidak percaya?

Oke, tanpa panjang lebar lagi langsung saja kita pantau beberapa ide dan peluang usaha agrobisnis pertanian di lahan sempit berikut ini.

1. Budidaya Buah Tin Dalam Pot Kecil

Budidaya tanaman asal timur tengah di tahun 2016 ini sudah mulai ramai di Indonesia, dan sebagai buah yang baru di perkenalkan sebagai tanaman herbal budidaya, pembudidayaannya secara massal di Indonesia juga mulai dilakukan.

Hal ini karena harga buah Tin rupanya memang cukup mahal juga, yang dikarenakan khasiatnya yang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

2. Bertanam Semangka Kotak



Bertanam semangka mungkin bisa menjadi pilihan anda dalam usaha membudidayakan tanaman di lahan sempit sekitar rumah sebab semangka termasuk tanaman yang merambat di tanah dan tidak akan membuat rumah anda kelihatan "suram" karena terlalu rimbun.

Mengenai bentuknya yang kotak, buah semangka yang sudah mulai jadi bisa anda masukkan kedalam cetakan berbentuk kotak atau segitiga. Bentuknya yang aneh dan unik akan mendongkrak harga semangka tersebut.

Usaha kreatif yang cukup menarik bukan?

3. Bertanam Cabe Hias Dalam Polybag

Membudidayakan tanaman cabai hias di sekitar rumah mungkin adalah hal brilian yang bisa anda coba.

Setidaknya cabai hias memiliki 3 keunggulan sekaligus.

Pertama sebagai tanaman hias yang dapat memperindah pemandangan sekitar rumah.

Kedua bisa anda gunakan sebagai pasokan dan cadangan bumbu dapur ketika harga di pasaran sedang mahal,

Dan manfaatnya yang ketiga, budidaya tanaman cabai memiliki potensi ekonomi yakni dengan mengembang biakkan dan menjual bibit tanaman cabai hias ini.

4. Usaha Pembibitan Bunga Anggrek

Jika anda hanya memiliki taman yang sempit janganlah berkecil hati dahulu. Sebab jika sobat berkenan untuk mencari pendapatan tambahan dari usaha agrobisnis kecil kecilan dengan membudidayakan suatu tanaman di sekitar rumah yang sempit maka bertanam bunga anggrek mungkin adalah pilihan yang tepat juga bagi anda.

Anggrek sangat mudah perawatan dan pengembangbiakannya serta memiliki nilai jual yang cukup tinggi, jadi kenapa sobat tidak mulai mencoba berbudidaya bunga anggrek dan menjualnya sebagai suatu usaha sampingan di rumah?

Tanaman tipe bebungaan yang cantik ini ini tentunya juga akan memberikan nuansa lain di rumah anda.

5. Usaha Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat sebagai sayuran penuh nutrisi yang sangat disukai oleh karena rasanya yang juga sangat lezat.

Karenanya jamur tipe konsumsi ini telah banyak dibudidayakan oleh para agrobis karena memang terbukti mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Untuk membudidayakan jamur tiram tidaklah perlu lahan yang luas, tempat di mana cahaya matahari tidak dapat masuk dan ruangan yang memiliki kelembaban tinggi adalah lokasi yang cocok untuk budidaya jamur tiram untuk konsumsi ini. Gudang atau kamar kosong di rumah, bisa anda manfaatkan untuk membudidayakan tanaman sayur bernilai ekonomis tinggi ini.

6. Budidaya Kaktus Hias

Contoh usaha agrobisnis di lahan sempit selanjutnya adalah bertanam kaktus hias.

Kaktus pada awalnya adalah tanaman gurun berduri yang memiliki bentuk unik dan sangat eksotis.

Tanaman Kaktus biasa ditanam di dalam pot dan diletakkan di teras atau di dalam rumah. ada juga yang menjadikannya souvernir atau hadiah ulang tahun.

Budidaya kaktus hias terbilang cukup mudah dan harganya pun juga cukup menggiurkan.

Warna warninya yang cantik akan menarik banyak pelanggan untuk datang ke rumah anda.



Baca Juga :

0 komentar

Posting Komentar

* Dipersilahkan bagi pembaca sekalian untuk memberikan tanggapan, kritik dan sarannya di kolom komentar agar blog ini bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

* Komentar dari Robot spam serta yang mengandung Link Aktif di kolom komentar tidak akan ditampilkan.